Sabtu, 21 September 2013

Carabikang







Huaaaaaaaa....sudah lama sekali ga update blog..bener-bener malas tingkat dewa deh ni..
tiap hari sebenernya ada aja yg dibikin..ntah cake, cookies ato pun snack..cuma males bgt foto dan upload hehehe..padahal resolusi taon ini harus ga bole malas2 lagi..tapi kok yaaa..teteeeeup aja malasnya ga ilang2 wkwkww..padahal taon ini sudah kita lalui slm 9 bulan lhooo (kalo bumil uda mau ngelahirin kali ni yaaa)..ck..ck..ck..cepet banget waktu berlalu..fuicch..

Aku suka sekali sama namanya jajanan pasar..cuma jarang banget bikin, karena biasanya kue2 tradisional rada ribet dan lama bikinnya..jadi mundur teratur deeeeh..
Nah kali ini aku mau memberdayakan cetakan carabikang yg sudah lama banget ngendon di gudang. Cari2 resep di mbah google, akhirnya nemu resepnya Mas Budi Sutomo, dan beberapa blogger yg lain sudah banyak yang mencoba dan berhasil. Baiklah, this is it...here we go :

Carabikang
Source : Budi Sutomo

350 gr tepung beras
2 sdm tepung terigu
850 ml santan kental --- aku : 900 ml , campuran dari 1 1/2 kotak santan kotak instan + santan dr 1 butir kelapa
130 gr gula halus
1/4 sdt garam halus

Dari aku nambahin polesan yg terbuat dari santan kental bgt -- areh/dadih (1 butir kelapa parut yg diatas, aku peras dulu tanpa air, +garam sedikit, lalu masak hingga kental,sisihkan)

Cara (versi aku) :

- larutkan 3 sdm tepung beras + 200 ml santan, didihkan ampe kental, angkat

- campur gula, garam, tepung terigu, sisa tepung beras di baskom. Masukkan larutan tepung santan yang pertama (panas2) ke dalam adonan kering, uleni rata. Pelan-pelan saja uleninya dan hati2 ya karena lumayan panas :)

- tuangi 1/2 bagian santan sedikit-sedikit sambil adonan di tepuk2 / di keplok2 (bunyi nya memang plok plok plok gitu hehe)hingga adonan terasa ringan.
Kalo dari Mas Budi, infonya dikeplok sekitar 40 menit, sedangkan aku kemarin mungkin hanya sekitar 15 mnt saja, karena capek banget ngeploknya hehehehe..Btw, ada yang bilang, di keplok pake mixer juga bisa dan ga bikin pegel tangan..tapi aku blm pernah coba sih.

- selanjutnya tuang sisa santan. Jika ada yang begerindil, bisa disaring ya..kmrn itu aku malas (mulai lagi deh), jadi pada saat ngeplok, ada ketemu yg butiran2 gitu, lgs aku pencet haluskan hehe.
Diamkan adonan 1 jam sambil ditutup.

- siapkan cetakan carabikang, oles minyak tipis2, panaskan.info Mas Budi, olesan ini hanya sekali pada saat pertama manggang saja, selanjutnya tidak perlu oles lagi.

- ambil adonan sedikit, bagi 2 untuk warna hijau (pasta pandan) dan merah jambu (strawbery ato pewarna saja jg gpp)

- setelah cetakan panas, kecilkan api, tuang adonan putih, merah jambu dan hijau. Cetakan harus sudah panas sekali ya..dan api kecil saja. Pada saat adonan dituang, harus terdengar bunyi "ceeesssss" gitu..

- Masak tanpa ditutup. Perhatikan adonan kemudian akan mulai berlubang2 tanda didalam sedang dalam proses pembuatan sarang. Setelah permukaan kue mulai kering, oles areh, lalu cungkil hingga mekar, angkat. oles pantat kue dengan areh kembali. Olesan areh ini menurut aku selain membuat kue tidak kering, selai itu jg menambah legitnya kue ini.

Carabikang yg aku bikin ini cukup bersarang, cuma untuk aku, proses pemangganggan butuh kerja keras yg lumayan, karena banyak tragedi kemarin itu huhuhuh...ternyata cetakanku lengkeeeeeet sodara2..ada beberapa lubang nya yg lengket..mungkin karena cetakan nya pernah aku cuci dengan spon dan sabun cuci piring. Info nya, untuk cetakan2 kue tradisional seperti ini, tidak boleh dicuci dgn air sabun. Padahal sesaat sebelum dipakai kemarin, aku sudah gosok2 lagi cetakannya dengan ampas kelapa parut :(

Selain itu harap perhatikan waktu pemanggangan yaaa...kalo dari yg aku lihat, jika kita terlalu lama manggangnya, maka kulit bawahnya sudah keburu keras/kaku, jadi pada saat dicungkil, ga bisa mekar, mingkem gitu deh..

Carabikang ini teksturnya lunak sekali..pada saat hangat2 dimakan, wuuuuiccch...enak beneeeeeer...
keesokan harinya juga masih lembut, walo tidak selunak pada hari kue ini dimasak.

Nah, bagi teman2 yg pengen makan kue ini, resep ini layak dicoba lhoooo...hayuuuuukkk..
next time mau coba lagi deh..biar cetakannya terbiasa dan berteman dgn adonan carabikangnya..biar ga lengket..hope it will works..*cross finger*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar