Minggu, 16 September 2012

Prol Tape Keju



Sebenernya aku ga terlalu doyan ma tape..aku suka tape yg uda lunak tapi ga mateng bgt..krn ga suka rasa n bau tape yg kematengan krn ada rasa2 getir pahit n bergas gt..
Ceritanya ni aku ada dpt info kalo arisan ibu2 RT di tmptku mo diadakan sabtu kmrn ini..dan aku uda janji ma Bu Anung yg jd host kali ini utk nyumbang prol tape. Jadi lah hari jumat kmrn itu beli tape dll. Pas hari sabtu pagi,nelpon dl ke Bu Anung kira2 mau dibuatin brp loyang..dilalah kok tyt ga jadi hari Sabtu itu arisannya. Krn ibu2 yg laen pada diundang pengajian di salah satu tetangga yg lg ada hajatan..ktnya diundur minggu depan..

Waduh..uda beli tape ampe 1 kg..trus tape kan ga bs tahan lama bgt walo dimasukin ke kulkas (rasanya makin ga enak kl menurut aku). Kebetulan lagi Bu Anung hari minggu ini memang ada acara halal bihalal di rumahnya dgn tamu yg laen..ya uda,aku blg tak bknin prol tape aja deh..

Pagi2 da bangun,nyiapin bahan dll. Trus bikin adonan, panggang..selesai..hehehe..bikin prol tape sbnrnya gampang bgt..tinggal diaduk2, ga perlu pake mixer..campur..campur..jadi deh adonannya, tinggal tuang ke loyang, oven 1/2 matang, oles kuning telur n taburin topping, panggang lagi..selesaaaai..tapi memang rada makan waktu lama..total hampir 50 mnt utk manggangnya..

Sebelumnya aku uda pernah bkn prol tape, ambil resep dari Sajian Sedap. Tapi mnrt aku masih 'kebenyekan', dan dulu pernah tak utak atik biar nemuin tekstur yg aku mau..tapi kok malah ga dicoret2 di catatan resep..jadi nya lupa kmrn yg diutak atik apa hehehe..jadinya kali ini aku ambil resep dari blog nya Mba Hesti yg keren itu (mba, aku contek yaaa...makacih resepnya..mmuaaach) krn dilihat dr tampilan nya ga benyek hehehe...
Ini dia ya resepnya, ada bbrp yg aku modifikasi sdkt :

Prol Tape Keju
Source : http://hesti-myworkofart.blogspot.com

300 gr tape, haluskan  (aku pny kentang rebus yg uda dihaluskan, jd aku pake 200 gr tape +100 gr kentang)
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
3 btr telur
70 gr terigu segitiga (krn lg hbs, aku pake terigu cakra 40 gr + kunci biru 30 gr)
100 ml susu cair (aku pake 50 ml susu cair + 50 ml santan kental)
50 gr margarin, lelehkan
30 gr keju parut
1 kuning telur utk olesan
keju parut utk topping
kismis utk topping (rendam dulu dlm air panas sebentar, tiriskan, peras airnya)

Cara buat :

  • Panaskan oven hingga suhu 180 C
  • Remas tape + gula + garam sampai gula larut. Lalu tambahkan telur, keju, aduk rata
  • Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan campuran susu & santan, lalu terakhir margarin cair. Aduk rata
  • Tuang ke loyang 18 x 18 x 4 cm yg sudah dioles margarin & dialas kertas roti & oles margarin lg.
  • Panggang kira2 15-20 mnt, keluarkan, oles kuning telur, taburkan kismis & keju parut
  • Oven lagi +/- 30 mnt sampai kecoklatan & matang.
  • Dinginkan, sajikan dlm bentuk potongan.
Aku suka prol tape ini krn ga benyek, lembut tapi tidak keras..Utk rasa tape nya, enak ga ada paitnya, lalu manisnya pas..rasa tape ga terlalu kuat krn ada dicampur dgn kentang (tp menurut aku uda pas sih, tergantung selera masing2 ya). Tambahan keju parut di dlm adonan mnrt aku makin tambah legit & wangi..suka suka..suka.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar